Selasa, 20 Maret 2012

BK Karier (Pak Andang)

BIMBINGAN KARIR

Bimbingan kalir yaitu upaya guru pembimbing untuk membantu siswa didiknya agar tidak mengalami kesulitan dalam melanjutkan studynya setelah lulus SMA nanti dan dapat mendapatkan perguruan tinggi sesuai dengan bakat dan minat mereka.
Memilih perguruan tinggi
Memilih perguruan tinggi yang tepatmerupakan sebuah keputusan penting bagi setiap pelajar,karena akan menentukan masa depan dan karir,terlebih jika keputusan itu sudah mengarah pada pemilihan program studi yang benar-benar dinikmati.
Yang harus dilakukan siswa adalah:
1.     Siswa harus mempunyai minat,dengan minat akan memudahkan siswa untuk memilih perguruan tinggi.
2.     Siswa harus melihat juga biaya yang dimiliki orang tua. Diskusikan masalah biaya dengan kedua orangtua,dengan memikirkan masalah biaya siswa tidak akan kebingungan setelah masuk di perguruan tinggi.
3.     Prospek ,siswa harus dapat memprediksi prospek bidang studi mana yang akan di pilih dalam memasuki lapangan pekerjaan sesusah lulus nantinya.
4.     Status akreditasinya, siswa harus pintar-pintar memilih perguruan tinggi mana yang status kreditasinya bagus.

Tujuan guru menyampaikan bimbingan karier adalah :
1.     Agar siswa dapat menentukan kariernya sendiri
2.     Siswa dapat mempunyai gambaran atau pandangan mengenai perguruan tinggi yang akan dipilihnya,sesuai bakat dan minat siswa.

Teknik pelaksanaan juga dapat bermacam-macam, secara kelompok atau secara individual, tergantung dari kebutuhan dan tujuan. Sistem evaluasi untuk bimbingan karier dapat dilaksanakan dalam berbagai cara, misalnya:
1.     Mengevaluasi apakah pelaksanaan Bimbingan Karier apakah sudah sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa tersebut
2.     Apakah tujuan tercapai dengan baik,
3.     Apakah terjadi perubahan dalam diri siswa, setelah mendapatkan layanan bimbingan karier tersebut
4.     Menganalisis kendala yang terjadi saat pelaksaan bimbingan karir
5.     Bagaimana minat siswa saat guru pembimbing melakukan bimbingan karir.
Jadi layanan bimbingan karier ini sangat bermanfaat bagi siswa SMA, tentunya dalam menentukan kariernya yang sesuai dengan jurusan yang diambilnya.






BIMBINGAN BELAJAR

Bimbingan belajar yaitu bimbingan yang di lakukan oleh guru pembimbing untuk membantu peserta didiknya,di dalam masalah belajar. Supaya setiap siswa tidak ada lagi yang mengalami kesutitan dalam belajar,oleh karena itu dilakaukanlah bimbingan belajar.

Tips agar nilai Ujian Nasional siswa menjadi baik:
1.     Pilih waktu belajar yang tepat,setiap siwa harus pintar-pintar untuk memilih waktu yang tepat untuk dia melakukan belajar, dengan waktu yang tepat siswa bisa lebih fokus dan merasa kosentrasi
2.     Bangun suasana belajar yang nyaman, dengan suasana belajar yang nyaman siswa dapat menjadi semangat dalam belajar.
3.     Kembangkan Materi yang sudah di pelajri, setelah kita mencoba membaca materi yang kita pelajari dan berusahalah untuk belajar kritis
4.     Mencatat pokok-pokok pelajaran,siswa harus pintar mencatat pkok pelajran,supaya siswa tidak merasa kesusahan saat belajar
5.     Siswa berusaha agar tidak malas belajar,dengan membaca kita bisa lebih tau informasi yang awalnya belum mengerti menjadi tau.
6.     Belajar untuk memahami, siswa harus bisa paham dengan materi belajar yang sedang dipelajarinya
7.     Hapalkan kata-kata kunci, siswa harus menghafal kata kunci yang terpenting. Agar pelajaran yang kita pelajari bisa masuk kedalam ingatan kita
8.     Kembangkan materi yang sudah di pelajari, siswa berusaha mengembangkan materi,sesui dengan kemampuan yang di milikinya

Tujuan guru pembimbing saat melakukan bimbingan belajar adalah
1.     Membuat siswa untuk lebih termotivasi dalam minat belajarnya
2.     Membuat siswa mengerti mengenai pelajaran yang telah dipelajarinya
3.     Membuat siswa lebih bersemngat dan termotivasi untuk belajar

1 komentar:

  1. - tulisan dirapikan lagi
    - pengembangan materi, bisa anda tulis dengan bahasa anda sendiri agar siswa bisa lebih memahami
    - tambahkan gambar
    - materi oleh siapa? kalau anda mengutip dari mana sumbernya.
    - harus jelas sumber artikel

    BalasHapus