Selasa, 13 Maret 2012

SATLAN BK (132010042)


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
SMA NEGRERI 1 WIROSARI
JALAN JAMBU . NO 14 WIROSARI


Satuan Layanan Bimbingan Konseling
Kelas                                       : XII SMA
Semester/Tahun                       : 2/2011-2012
Hari/Tanggal                           : Senin / 1 April 2012
Tempat                                    : Ruang Kelas
Layanan/Bimbingan                : Orientasi
Judul/Spesifikasi Layanan      : Mengembangkan rencana untuk mengatur belajar
A.    Tujuan (khusus)
1.      Siswa dapat memahami tentang pentingnya belajat
2.      Siswa mampu menyusun jadwal untuk belajarnya sendiri dan rutin
3.      Siswa mampu mengembangkan rencana untuk belajar
4.      Siswa mampu memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien dalam belajar
B.     Materi        : Terlampir
C.     Metode      : Ceramah, tanya jawab, permainan
D.    Keg.Awal  : Guru pembimbing memasuki kelas dan mengucapkan salam   kemudian mengabsen siswanya satu per satu
Keg.Inti     :
Eksplorasi
1.      Menginformasikan materi-materi yang akan diberikan.
2.      Guru pembimbing memberikan ceramah tentang bagaimana cara belajar yang efektif dengan membuat suatu jadwal belajar
3.      Menjelaskan tujuan penyampaian materi.
       Elaborasi
1.      Siswa diminta membuat jadwal belajar untuk mengatur waktu belajarnya sendiri.
2.      Siswa membacakan hasil dari pembuatan jadwal belajarnya
     
  Konfirmasi
1.      Guru pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber.
2.      Guru pembimbing memberikan motivasi kepada siswanya agar rajin dan semangat dalam belajarnya guna mewujudkan cita-cita dimasa yang akan datang.
         Keg.Akhir
1.      Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
2.      Guru pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.
E.     Alat dan Media     : LCD, Laptop, DVD Film, Alat tulis.
F.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut      :
·         Penilaian proses
Mengamati perhatian siswa, respon dan aktivitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung
·         Penilaian Hasil
Laiseg              : Memberi pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai sejauh mana tingkt pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan.
Laijapen          : Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan cara belajarnya
Laijapang        : Melakukan interviuw pada siswa dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan untuk menilai semangat dan melihat hasil dari kegiatan tersebut apakah ada peningkatan prestasi dalam belajar atau tidak setelah mereka diajari untuk mengatur waktu belajar.
Program yang diberikan          : Siswa
Biaya               : Kertas untuk diskusi, foto copi untuk penegasan dan penilaian_ Rp 5000,00.
 Catatan Khusus : Konseling perlu dilakukan terapi ....



    Mengetahui                                                                         Salatiga, 1 April 2012
Kepala Sekolah                                                                          Perencanaan Layanan

Abdul Muis M.pd                                                                          Yushinta Anggraeni


Lampiran 1
MATERI LAYANAN
MATERI
Tips mengembangkan rencana belajar

Pengaturan Jadwal Belajar Efektif
- tip ini ditujukan bagi siswa/mahasiswa dalam mengatur jadwal belajar secara efektif -
Pengaturan Waktu :
adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan
belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.
Pedoman:
• Perhatikan waktumu
• Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu
• Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
• Ketahuilah kapan kamu produktif
Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk
• Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian
putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang
dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya
• Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada
buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi
tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok. Merencanakan
jadwal yang lebih panjang
• Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih
dulu.
• Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih
nyaman.
Rencana Jadwal Belajar Efektif
• Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburanBeri
• Prioritaskan tugas-tugas
• Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
• Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas
• Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam
tanpa review.
• Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar
• Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar
• Rencanakan juga "deadline". (batas waktu)
• Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
• Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan
• Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!





Lampiran 2
Pedoman Permainan

STRIP SEVEN
Tujuan dari permainan                  : Untuk melatih kosentrasi peserta agar dapat merespon sesuatu  dan juga dapat bertindak sesuai dengan peraturan.
Bidang Bimbingan                            : Pribadi, sosial
Waktu                                                   : 15 menit
Bahan /alat                                         :   -
Jumlah peserta                                 : semua yang ada di dalam kelas
Jenis permainan                               : Game ice breaking dan kosentrasi

Langkah permainan                        :
1.       Fasilitator mempersilahkan peserta berdiri melingkar
2.       Peserta diminta berhitung secara berurutan ,tetapi setiap peserta yang mendapatkan kelipatan tujuh,peserta itu harus berteriak ASSSELOOOOLEY! Misalnya : 1,2,3,4,5,6, aseloooleeeyyy,8,9,10,11,12,13,aseelooleyyyy....dan seterusnya
3.       Peserta yang mengucapkan nomornya terlambat bersuara,mengucapkan angka yang dilarang yaitu angka 7,bertepuk pada angka biasa (1,2,3,4,5,6) atau mengucapkan angka 7 dengan kelipatan sekaligus berteriak aseeelooleey,maka bisa diberi sanksi .

Evaluasi dan Refleksi :
1.       Apakah ada peserta yang keliru?
2.       Amati ,adakah yang banyak melakukan kesalahan?

Poin Belajar (learning point) yang diperoleh:
                Melalui berbagai pertanyaan dan diskusi ,konselor/ guru Bimbingan dan Konseling/ Fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu melatih konsentrasi dan keselarasan gerak antara ucapan dengan gerakan tangan. Seseorang melakukan hal yang sama secara berulang-ulang,daya kosntrasinya akan berulang,maka dengan permainan ini,hendaknya peserta selalu siap kosentrasi agar tidak melakukan kesalahan.




LAMPIRAN 3

Pedoman Diskusi Kelompok
1. Apa yang kamu peroleh dari permainan “Konsentrasi”?
2. Apa yang membuat kamu bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang berhasil berkonsentrasi)
3. Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang belum berhasil berkonsentrasi)
4. Bagaimana perasaanmu mengikuti permainan konsentrasi?
Lampiran 4

Pedoman Observasi
Aspek yang diamati Jumlah
Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan
Siswa yang mengikuti permainan
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
Siswa yang belum berhasil dalam berkonsentrasi dalam permainan






LAPORAN PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR
Judul/Spesifikasi Layanan ; Mengembangkan rencana untuk mengatur belajar
 Kelas : XII SMA NEGERI 1 WIROSARI
Waktu Pelaksanaan : Senin / 1 April 2012
Hasil
Kegiatan awal diceritakan
Kegiatan inti diceritakan
Kegiatan akhir diceritakan
Hasil penilaian proses diceritakan
Hasil penilaian laiseg diceritakan
Hasil penilaian laijapen diceritakan
Hasil penilaian laijapang diceritakan
Tindak lanjut diceritakan sampai proses konseling




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar