SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
SMA NEGRERI 1
WIROSARI
JALAN JAMBU . NO
14 WIROSARI
Satuan Layanan
Bimbingan Konseling
Kelas : XII SMA
Semester/Tahun : 2/2011-2012
Hari/Tanggal : Senin / 1 April
2012
Tempat : Ruang
Kelas
Layanan/Bimbingan : Orientasi
Judul/Spesifikasi
Layanan : Mengembangkan rencana untuk
mengatur belajar
A. Tujuan
(khusus)
1. Siswa
dapat memahami tentang pentingnya belajat
2. Siswa
mampu menyusun jadwal untuk belajarnya sendiri dan rutin
3. Siswa
mampu mengembangkan rencana untuk belajar
4. Siswa mampu
memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien dalam belajar
B. Materi : Terlampir
C. Metode : Ceramah, tanya jawab, permainan
D. Keg.Awal : Guru pembimbing memasuki kelas dan
mengucapkan salam kemudian mengabsen
siswanya satu per satu
Keg.Inti :
Eksplorasi
1. Menginformasikan
materi-materi yang akan diberikan.
2. Guru
pembimbing memberikan ceramah tentang bagaimana cara belajar yang efektif
dengan membuat suatu jadwal belajar
3. Menjelaskan
tujuan penyampaian materi.
Elaborasi
1. Siswa diminta
membuat jadwal belajar untuk mengatur waktu belajarnya sendiri.
2. Siswa
membacakan hasil dari pembuatan jadwal belajarnya
Konfirmasi
1. Guru
pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari
berbagai sumber.
2. Guru
pembimbing memberikan motivasi kepada siswanya agar rajin dan semangat dalam belajarnya
guna mewujudkan cita-cita dimasa yang akan datang.
Keg.Akhir
1. Siswa
diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
2. Guru
pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.
E. Alat dan
Media : LCD, Laptop, DVD Film, Alat
tulis.
F. Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut :
·
Penilaian proses
Mengamati perhatian siswa, respon dan aktivitas
siswa saat kegiatan layanan berlangsung
·
Penilaian Hasil
Laiseg :
Memberi pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai sejauh mana tingkt
pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan.
Laijapen : Memantau perkembangan siswa
berkaitan dengan cara belajarnya
Laijapang : Melakukan interviuw pada siswa dalam
jangka waktu kurang lebih satu bulan untuk menilai semangat dan melihat hasil
dari kegiatan tersebut apakah ada peningkatan prestasi dalam belajar atau tidak
setelah mereka diajari untuk mengatur waktu belajar.
Program
yang diberikan : Siswa
Biaya : Kertas untuk diskusi, foto copi
untuk penegasan dan penilaian_ Rp 5000,00.
Catatan Khusus : Konseling perlu dilakukan
terapi ....
Mengetahui Salatiga, 1 April 2012
Kepala Sekolah Perencanaan Layanan
Abdul Muis M.pd Yushinta Anggraeni
Lampiran 1
MATERI LAYANAN
MATERI LAYANAN
MATERI
Tips mengembangkan rencana belajar
Pengaturan Jadwal Belajar Efektif
- tip ini ditujukan bagi
siswa/mahasiswa dalam mengatur jadwal belajar secara efektif -
Pengaturan Waktu :
adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur
dan memprioritaskan
belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga,
dan lain-lain.
Pedoman:
• Perhatikan waktumu
• Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu
• Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
• Ketahuilah kapan kamu produktif
Dengan
mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk
• Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus
kamu kerjakan, kemudian
putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti,
apa yang
dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu
pengerjaannya
• Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan
pertemuan pada
buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan
selalu pergi
tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.
Merencanakan
jadwal yang lebih panjang
• Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan
kegiatanmu lebih
dulu.
• Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu
dengan lebih
nyaman.
Rencana Jadwal Belajar Efektif
• Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburanBeri
• Prioritaskan tugas-tugas
• Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
• Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah
kelas
• Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam
waktu 24 jam
tanpa review.
• Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar
• Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk
belajar
• Rencanakan juga "deadline". (batas waktu)
• Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore
hari.
• Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan
•
Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Lampiran 2
Pedoman Permainan
Pedoman Permainan
STRIP
SEVEN
Tujuan dari permainan : Untuk melatih kosentrasi
peserta agar dapat merespon sesuatu dan
juga dapat bertindak sesuai dengan peraturan.
Bidang Bimbingan :
Pribadi, sosial
Waktu :
15 menit
Bahan /alat : -
Jumlah peserta :
semua yang ada di dalam kelas
Jenis permainan :
Game ice breaking dan kosentrasi
Langkah permainan :
1.
Fasilitator mempersilahkan peserta
berdiri melingkar
2.
Peserta diminta berhitung secara
berurutan ,tetapi setiap peserta yang mendapatkan kelipatan tujuh,peserta itu
harus berteriak ASSSELOOOOLEY! Misalnya : 1,2,3,4,5,6,
aseloooleeeyyy,8,9,10,11,12,13,aseelooleyyyy....dan seterusnya
3.
Peserta yang mengucapkan nomornya
terlambat bersuara,mengucapkan angka yang dilarang yaitu angka 7,bertepuk pada
angka biasa (1,2,3,4,5,6) atau mengucapkan angka 7 dengan kelipatan sekaligus
berteriak aseeelooleey,maka bisa diberi sanksi .
Evaluasi
dan Refleksi :
1.
Apakah ada peserta yang keliru?
2.
Amati ,adakah yang banyak
melakukan kesalahan?
Poin
Belajar (learning point) yang diperoleh:
Melalui
berbagai pertanyaan dan diskusi ,konselor/ guru Bimbingan dan Konseling/
Fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu
melatih konsentrasi dan keselarasan gerak antara ucapan dengan gerakan tangan.
Seseorang melakukan hal yang sama secara berulang-ulang,daya kosntrasinya akan
berulang,maka dengan permainan ini,hendaknya peserta selalu siap kosentrasi
agar tidak melakukan kesalahan.
LAMPIRAN 3
Pedoman
Diskusi Kelompok
1. Apa yang kamu peroleh dari permainan “Konsentrasi”?
2. Apa yang membuat kamu bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang berhasil berkonsentrasi)
3. Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang belum berhasil berkonsentrasi)
4. Bagaimana perasaanmu mengikuti permainan konsentrasi?
Lampiran 4
1. Apa yang kamu peroleh dari permainan “Konsentrasi”?
2. Apa yang membuat kamu bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang berhasil berkonsentrasi)
3. Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang belum berhasil berkonsentrasi)
4. Bagaimana perasaanmu mengikuti permainan konsentrasi?
Lampiran 4
Pedoman Observasi
Aspek yang diamati Jumlah
Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan
Siswa yang mengikuti permainan
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
Siswa yang belum berhasil dalam berkonsentrasi dalam permainan
LAPORAN
PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR
Judul/Spesifikasi
Layanan ; Mengembangkan
rencana untuk mengatur belajar
Kelas : XII SMA NEGERI 1 WIROSARI
Waktu Pelaksanaan : Senin / 1 April 2012
Waktu Pelaksanaan : Senin / 1 April 2012
Hasil
Kegiatan awal diceritakan
Kegiatan inti diceritakan
Kegiatan akhir diceritakan
Hasil penilaian proses diceritakan
Hasil penilaian laiseg diceritakan
Hasil penilaian laijapen diceritakan
Hasil penilaian laijapang diceritakan
Tindak lanjut diceritakan sampai proses konseling
Kegiatan awal diceritakan
Kegiatan inti diceritakan
Kegiatan akhir diceritakan
Hasil penilaian proses diceritakan
Hasil penilaian laiseg diceritakan
Hasil penilaian laijapen diceritakan
Hasil penilaian laijapang diceritakan
Tindak lanjut diceritakan sampai proses konseling
Tidak ada komentar:
Posting Komentar